Senin, 11 Februari 2013

0 Macam Jaringan Komputer


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!

Macam Jaringan Komputer

Dalam Jaringan yang kita kenal dalam pelajaran Ilmu Komputer terdapat LAN atau yang biasa dikenal Local Area Network , MAN yakni Metropolitan Area Network , dan yang lainnya lagi yakni WAN atau Wide Area Network . Macam Jaringan ini mempunyai fungsi masing - masing dan penempatan jaringan di tempat - tempat tertentu.

Kali ini Gudang Materi akan membahas dengan terperinci , jikalau ada tambahan mohon di beri komentar.

1. LAN (Local Area Network)

LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil,umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung , tiap-tiap ruangan pada sebuah sekolah. Biasanya jarak antarnode tidak lebih jauh dari sekitar 200 m.



2. MAN (Metropolitan)

Sebuah MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN , misalnya antar gedung dalam suatu daerah (wilayah seperti propinsi atau negara bagian). Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar.Sebagai contoh, jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank didalam sebuah kota besar yang dihubungkan antara satu dengan lainnya.



3. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit, ataupun kabel serat opik, karena jangkauannya lebih luas bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota dalam satu wilayah tapi mulai menjangkau area / wilayah otoritas negara lain.

Sebuah contoh, jaringan komputer kantor City Bank yang ada di Indonesia ataupun yang ada di negara lain, yang saling berhubungan , jaringan ATM Master Card, Visa Card atau Cirrus yang terbesar di seluruh dunia,dan lain lain.


Biasanya WAN lebih rumit dan sangat kompleks dibanding LAN ataupun MAN. Menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam komunikasi global seperti internet , meski demikian antara LAN, MAN, dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal. Hanya lingkupa areanya saja yagn berbeda satu dengan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar